Follow Now......!

Selasa, 12 Januari 2010

Malaysia: Gereja ke Sembilan Dibakar

Umat Islam di Malaysia masih belum bisa menerima umat Kristen menggunakan kata "Allah". Hingga hari Senin ini sudah sembilan gereja diserang, dibakar dan jadi sasaran vandalisme umat. Korban ke sembilan adalah gereja Sidang Injil Borneo di negara bagian Negeri Sembilan.

Mahmood Adam, Sekretaris Jendral Departemen Luar Negeri Malaysia, mengadakan pertemuan dengan para diplomat asing di Malaysia yang mempertanyakan mengapa kata itu menjadi pemicu kemarahan, padahal di Indonesia dan negara Timur Tengah, sudah digunakan berabad-abad.

Menurut Mahmood Adam, mereka tidak mengerti situasi di Malaysia. Muslim Malaysia beda dengan Muslim Indonesia, juga dengan Timur Tengah. Semuanya tidak bisa dibandingkan.

Menurut umat Kristiani Malaysia, mereka juga sudah menggunakan kata itu sejak lama dan tanpa ada insiden apapun.

Namun partai yang berkuasa bersikeras kata ini hanya boleh digunakan oleh Muslim. Partai menuduh umat Kristiani ingin mengkristenkan banyak umat Muslim dan penggunaan kata itu membingungkan masyarakat.

Sembilan persen penduduk Malaysia beragama Kristen. Sebanyak 850.000 orang beragama Katolik. Sebagian besar umat Katolik Malaysia berasal dari kelompok pribumi di Kalimantan yang juga berbahasa Melayu.


Sumber : http://www.rnw.nl/id/bahasa-indonesia/article/malaysia-gereja-ke-sembilan-dibakar

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More